18 June 2012

Ibu, 3 kali derajatnya dibandingkan Ayah

Assalamualaikum. teman-teman semua apakah kalian semua sayang kepada orang, terutama kepada Ibu yang telah melahirkan dan merawat kita dengan kasih sayang???Marilah kita baca postingan ini.

Seperti yang telah kita tahu, bahwa kita tanpa orang tua, pasti kita tidak akan terlahir di dunia ini. Ya, lewat kedua orang tua kitalah, kita dilahirkan ke Dunia atas kehendak Allah SWT. Namun tahukah Anda bahwa derajat Ibu dan Ayah itu berbeda.Ya mungkin sebagian kalian ada yang tahu ada juga yang tidak. Ya hanya sekedar untuk berbagi saja.Bahwa dalam Islam itu derajat Ibu 3 derajatnya di atas ayah. Loh , kok, bisa. Ya, karena sudah ada bukti yang kuat bahwa derajat ibu 3 kali lipat dibanding derajat ayah, yaitu dalam sebuah hadist Rosulallah SAW :


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟
قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah ra, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’. Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’. Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’. Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)


Dari hadist tersebut, kita telah melihat sendiri bahwa Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam telah dawuh bahwa kita harus berbakti kepada Ibu kita itu 3 kali lebih tinggi daripada ayah.

Kita lihat. kenapa kita harus berbakti kepada Ibu 3 kali lebih besar, lebih tinggi dari pada ayah. Ternyata itu semua dikarenakan bahwa Ibu kita telah menjaga kita selama kehamilan, terus melahirkan serta menyusui dan merawat kita, yang dimana ketiga hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh seorang Ibu saja.

Oleh sebab itu, kita harus mencintai, menyayangi, menghormati dan berbakti kepada Ibu kita 3 kali lebih tinggi daipada ayah. karena Ibu kita telah menjaga, melahirkan dan memyusui serta merawat kita. Namun kita juga tetap harus mencintai, menyayangi, menghormati, dan berbakti kepada ayah juga, karena bagaimana pun ayah kita juga telah berperan penting akan kelangsungan hidup kita. Maka dari itu kita harus berbakti dan menghormati kepada kedua orangtua kita, dengan porsi Ibu 3 kali lebih banyak, lebih tinggi dari pada ayah. karena ingatlah selalu, 'ADIL ITU BUKANLAH RATA'.

12 komentar

derajat ayah paling tinggi dari ibu , memang benar ibu di sebutkan 3 kali penyebutan tapi apa anda tahu ? baca surat Surat Al Baqoroh ayat 228 derajat suami lebih besar dari istri . memang benar nabi muhammad menyebutkan kita harus menghormati ibu ibu ibu sampe 3 kali . tapi kita tidak hanya berpacu sama hadist masih ada alquran ingat derajat suami lebih tinggi dari istri

saya mau bertanya kepada anda , ketika seorang istri membangkang kepada suaminya apa istri itu akan masuk surga ? kita patuh pada ibu yg membangkang pada ayah kita apa akan masuk surga ? baca surat at-Tahrim: 10 tentang seorang istri nabi nuh dan luth yg membangkang suaminya .

Yang di bicarakan di sini tentang derajat ibu terhadap anaknya...
bukan derajat suami terhadap istri nya...

Bagaimanapun Ibu tetaplah Ibu..yang wajib kita hormati...
Suami itu wajib di hormati istri...tapi kaitan nya dengan yg di bahas dengan yg diatas itu tidak ada hubungannya...
Kita membicarakan tentang derajat ibu terhadap anaknya...bukan derajat suami terhadap istri nya..
Tolong di fahami,,apa yg sedang di bahas...bukan berkomentar ngalor ngidul gak jelas...

Benar benar anda berkomentar ngaruk ngidul

Tu la xpaham ... ni crta drjat ank kpda si ibu... bukan drjat istri trhdp suami dia

Tu la xpaham ... ni crta drjat ank kpda si ibu... bukan drjat istri trhdp suami dia

mungkin kita juga masih saling bertanya tanya, coba kita fahami lgi. IBU ITU SURGA NUNUT NERAKA KATOT kpda BAPAK. kita lihat dari segala bntuk. TANPA ADA IJIN DARI SUAMI, ISTRI BERDOSA UNTUK MELAKSANAKAN YG DI LARANG OLEH SWAMI NYA.DIA BISA DI BILANG ISRTI DURHAKA.WALAUPUN UNTUK MENJENGUK IBU SI ISTRI DLM KEADA AN SAKAROTUL MAUT. mari kita angan 2x,

yg jelas, seorang anak perempuan sudah lepas dari tanggung jawab orang tua nya kalau sudah menikah, dan sudah sepenuh nya jdi tanggung jawab swami nya.yg di bicara kan ini posisi sudah menikah apa belum.....?

aduhh ga usah berantem.. orang tua tetap di hormati... ibu 3 kali disebut rasullah karena ibu mengandung, melahirkan, dan menyusui itu yang tidak bisa dilakukan seorga ayah... tapi tetap kita harus menghormati kedua org tua kita.. jng menyalahgunakan hadist... doa untuk org tua yg artinya sama kedudukannya.... dan utk seorang istri... surga mu di imam mu... bukan di suami yg tidak tau agama... dan membawamu kejalan yg salah... istripun wajib menentang bila perlu meminta cerai... paham semua???

ALLAH Maha Pengampun lagi maha Bijaksana ..

Kalau org yg gk paham mah, gk usah d ladin gan... org seperti itu adalh org yg durhaka kepa ibunya... xixixixix


EmoticonEmoticon