16 December 2012

Definisi Ilmu Falak

Tags

Kata falak menurut bahasa berarti orbit yang dapat diartikan sebagai lingkaran langit atau cakrawala. Kata Falak juga disebutkan dalam Al-Qur’an sendiri menyebutkan kata falak dalam dua tempat yaitu pada Q. S. Anbiya’: 33 yang berbunyi:

وهو الّذى خلق الليل والنّهار والشّمس والقمر كلّ فى فلك يسبحون

“Dan dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya”.

Dan Q. S. Yaasin: 40 yang berbunyi:

لا الشّمس ينبغى لها أن تدرك القمر ولا الليل سابق النّهار وكلّ فى فلك يسبحون

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya”.

Dari kedua ayat di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kata falak menurut istilah ada beberapa pengertian, yaitu :


  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia; Ilmu Falak adalah ilmu pengetahuan mengenai keadaan (peredaran, perhitungan dan sebagainya) bintang-bintang.
  2. Menurut Ensiklopedi Islam; Ilmu Falak adalah Ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit; matahari, bulan, bintang, dan planet-planetnya.
  3. Menurut Ensiklopedi hukum Islam; Ilmu Falak adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit, tentang fisiknya, geraknya, ukurannya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
  4. Sedangkan menurut Badan Hisab Rukyat Departemen Agama RI menyebutkan bahwa Ilmu Falak adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang lintasan benda langit seperti matahari, bulan, bintang-bintang, dan benda-benda langit lainnya dengan tujuan mengetahui posisi benda-benda langit itu serta kedudukannya dari benda-benda langit lainnya.
Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian ilmu falak secara umum adalah "cabang ilmu praktis yang mempunyai objek formal benda-benda langit, khususnya matahari, bumi dan bulan dengan objek material berupa garis edar atau orbit masing-masing dan sasaran fungsionalnya adalah mendukung salah satu syarat dalam beribadah kepada Allah SWT".
Dengan demikian ilmu falak merupakan salah satu dari praktikal astronomi. Ilmu ini juga sering disebut Ilmu Hisab karena pendekatan yang dipergunakan lebih banyak memanfaatkan berbagai macam sistem perhitungan dalam ilmu matematika, khususnya segitiga bola. Dalam literatur klasik ilmu ini juga disebut Miqat, Rasd, dan Hai’ah.


EmoticonEmoticon