23 October 2014

Zaman Jahiliyah

Tags

Zaman Jahiliyah adalah jaman ketika Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menyebarkan agama rahmat untuk seluruh alam, agama Islam. Zaman jahiliyah secara bahasa diartikan sebagai zaman kebodohan. kebodohan ini bukan bermakna tidak pintar. Karena kenyataannya di zaman itu, di Jazirah Arab, di mana Nabi Muhammad SAW ditugaskan berdakwah, adalah pusat peradaban. Sebuah peradaban maju. Sehingga tidak heran para saudagar Arab berdagang ke berbagai negeri seperti Syam(Lebanon, Palestina, Suriah, Yordania). Serta banyaknya saudagar kaya di sana.


Jahiliyah di sini dapat diartikan dalam sisi Aqidah, Tarbiyah, Budaya, dan Peradaban. Kita akan membahasnya satu per satu.
1. Aqidah
Aqidah adalah kepercayaan, iman. Jahiliyah dalm Aqidah adalah karena di zaman itu penduduknya menyembah berhala, menyembah kepada benda-benda yang menurut mereka adalah tuhan mereka. Kenapa dapt dikatakan jahiliyah dalam aqidah? Karena berhala itu pasti dibuat sendiri oleh orang. Nah tuhan kok bisa dibuat oleh manusia. Memangnya siapa sih pencipta dan ciptaan itu? Bukankan Tuhan yang menciptakan manusia, bukannya Manusia yang menciptakan Tuhan. Disitulah letak kebodohannya(jahiliyah).
Pada sisi Tarbiyah(pendidikan) ini adalah dalam hal baca tulis. Hampir semua penduduknya tidak bisa baca tulis. Bahkan dalam sebuah riwayat, hanya ada 17 orang yang bisa baca tulis. Dari sekian banyak orang saat itu hanya 17 orang yang dapt baca tulis. Sehingga dikatakan sebagai zaman kebodohan.
3. Budaya
Kebodohan pada sisi budaya adalah karena di zaman itu penduduknya memegang fanatik kesukuan, sentimen kelompok. Sehingga tak jarang hanya karena hal yang sangat sepele pun antar kelompok dapat bertikai sampai berperang hingga beberapa generasi. 
Dalam hal peradaban, Kejahiliyahan terletak pada ketidakberadaban orang-orangnya. Salah satu hal tidak beradab mereka adalah membunuh anak perempuan yang baru lahir. Bahkan, perempuan pun bagaikan barang dagangan. Yaitu bisa ditawar-tawarkan kepada orang lain ataupun barteran istri. Sungguh tidak beradab. Beruntunglah kaum hawa ini setelah kehadiran Islam. Derajat perempuan ditinggikan bahkan sampai 3 kali dari derajat laki-laki(ayah).

Itulah arti Zaman jahiliyah dalam sisi AqidahTarbiyahBudaya, dan Peradaban. Sebagai  tambahan, zaman  kebodohan pun dapat juga dilihat dari ketidakmauan mereka dalam menerima Agama Rahmatalil 'Alamin ini. Sungguh sebuah agama yang hakiki. yang merahmati seluruh alam. Semoga dengan ini dapat menguatkan kita dalam memegang agama Hakiki ini. Amin.


EmoticonEmoticon