05 October 2018

Memulai Pemrograman Android

Android (sistem operasi) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., Google kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Sebelumnya tidak ada minat untuk mulai memprogram aplikasi android. Walau dalam perkuliahan pun dipelajari, namun belum ada minat sama sekali. Karena lebih nyaman ke pemrograman website dengan bahasa PHP karena nyaman menggunakan framework Laravel karena Codeigniter sudah mainstream 😀.

Kenapa kepikiran untuk mulai memprogram aplikasi android. Salah satu faktor pendorong adalah karena saya membuat Laporan Tugas Akhir Kuliah dengan membuat aplikasi android 😁 walaupun juga melihat keadaan sekarang aplikasi android begitu berkembang. Dari situ saya mulai menekuni untuk membuat aplikasi berbasis android!.

Ternyata membuat aplikasi android tidak sesulit yang saya bayangkan waktu dalam pembelajaran (karena memang gak minat hee..). Setelah saya coba untuk membuat satu aplikasi android ternyata sangat sangat menyenangkan, lebih menyenangkan daripada ngoding website PHP. Karena dalam memprogram android begitu mudah untuk membuat sebuah inputan yang realtime langsung di dalamnya, dalam satu bahasa pemrograman. kalau website php butuh javascript  untuk membuat inputan aplikasi website PHP yang terasa realtime. Dari situ saya akhirnya berdamai dengan koding android, dengan tidak meninggalkan koding website yang mana memberikan kenyamanan pertama dalam history pengkodingan saya haaa...

Untuk awalnya memang agak bingung karena koding android itu seperti koding java yang berbeda dari koding php. Namun dengan menggunakan algoritma yang saya gunakan dalam koding php, diterapkan pada koding android pun bisa, seperti perhitungan, menulis variabel dan lain-lain. Untuk hal-hal lain dapat dipelajari sendiri, bertanya dan sebagainya.

Intinya satu hal untuk dapat memulai hal baru, jangan takut bertanya kepada yang sudah memulainya lebih dahulu dari kita, karena dari mereka kita dapat memahaminya. Dan percayalah, "TOAST" adalah salah satu dari koding android yang pertama yang saya hafal haaha. Terus semangat dan terus kunjungi Low Share I, karena Apapun Yang Kamu Cari, Pasti Tidak Nggak Ada Disini... Terimakasih

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon