28 November 2012

Tahu sedikit Tentang Rosulallah

Tags

Assalamualaikum. Teman-teman pembaca yang dirahmati oleh Alloh SWT, sudah seharusnya kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus mengetahui riwayat hidup beliau. Jangan seperti kita mengidolakan bintang film, kita mengetahui segala sesuatu tentangnya tapi tidak mengerti sedikitpun tentang Nabinya. untuk itu saya mencoba untuk memposting yang berkaitan dengan riwayat hidup Nabi Muhammad  SAW.

Nabi Muhammad saw dilahirkan
di kota Mekah Al-Mukharomah. Berasal dari kabilah Quraisy, keturunan Bani Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy. Nasab ayah dan ibu Nabi Muhammad bertemu pada kakek mereka yang bernama Kilab. Untuk lebih jelasnya ini dia silsilahnya:
Dari jalur ayah : Muhammad, bin Abdullah, bin Abdul Mutholib, bin Hasyim, bin Abdu Manaf, bin Qushai, bin Kilab, dan dari jalur ibu : Muhammad, bin Aminah, binti Wahab, bin Abdu Manaf, bin Zuhrah, bin Kilab.

Ayah Nabi Muhammad meninggal pada saat Nabi masih dalam kandungan. Setelah beberapa bulan dari wafatnya sang ayah, Nabi punutup dari semua Nabi ini pun lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awal, tahun 571 Masehi di Makkah. Dengan kelahirannya duniapun menjadi terang-benderang karena kelahiran beliau adalah rahmat bagi seluruh alam. Karena sang ayah sudah meninggal, sesuai dengan kebiasaan para bangsawan Makkah, ibundanya menyerahkan Nabi Muhammad yang kecil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama empat tahun. Setelah itu, sang ibu mengambilnya kembali.

Setelah sang ibu mengambil Nabi Muhammad, dengan tujuan untuk berkunjung ke kerabat ayahnya di Madinah, sang ibunda membawanya pergi ke Madinah. Namun dalam perjalanan pulang ke Makkah, ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat, secara bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib yang mengasuh dan merawat beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau menjalani hidup bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat pada usia enam puluh lima tahun.

Pada usia empat puluh tahun, beliau diangkat oleh Allah menjadi Rosul. Ia mewahyukan kepada beliau al-Quran yang mana seluruh manusia dan jin tidak akan mampu untuk menandinginya. Beliau berdakwa selama 23 tahun dan pada umur 63 tahun beliau duwafatkan oleh Allah SWT. Menurut pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin bulan Shafar 11 Hijriah di Madinah. Allohumma sholli'ala sayidina Muhammad!!!


EmoticonEmoticon