06 October 2016

Anjuran Untuk Memperhatikan Alam Semesta

Saya selalu teringat dengan ayat dalam Al-Qur'an untuk memperhatikan alam semesta. Ya ayat tersebut adalah beberapa ayat pada Surat Al-Ghasyiyah, ayat 17 sampai 20. Dan saat membacanya pun hati ini terasa bergetar, bagaimana mungkin kita, sebagai umat yang telah diberitahu oleh Al-Qur'an untuk memperhatian alam semesta namun pada kenyataannya sedikit yang memahaminya. Jika kita melihat terjemahan ayat tersebut, maka kita akan tahu bahwa kita dianjurkan memperhatikan alam semesta ini. 

Itulah Islam, tidak hanya mementingkan hubungan antara manusia dengan Tuhan nya, namun juga menganjurkan manusia untuk berhubungan dengan alam semesta ini. Kita lihat, renungkan, akal kita pasti berinisiatif untuk mengkaji dan mempelajarinya sehingga kita mendapat ilmu baru yang bermanfaat untuk kehindupan kita.

Kembali kepada ayat yang dimaksud. Saya akan menunjukkan ayatnya. Surat Al-Ghasyiyah, ayat 17-20.


Translate bahasa Indonesia pada sisi kiri dapat memberi kita yang belum paham arti dari bahasa arab. 
pada ayat 17. Apakah mereka tidak memperhatikan kepada unta, bagaimana dia telah dijadikan. 
Ayat ini memberi pengertian kepada kita untuk memperhatikan makhluk hidup di bumi, bagaimana makhluk hidup diciptakan, dan dapat berkembang biak. 

Kemudian pada ayat 18. Dan kepada langit, bagaimana dia telah diangkatkan.
Ayat ini mengisyaratkan  bagaimana langit dapat ditinggikan walau tanpa tiang. Hal ini juga dapat membantah pendapat lama jika langit itu di topan oleh gunung-gunung.

Pada ayat 19. dan kepada gunung-gunung, bagaimana dia telah dipancangkan.
Pernahkah Anda berfikir bagaimana gunung dapat menjulang tinggi? Ayat ini menganjurkan kepada kita untuk memperhatikan benda-benda mati yang ada di bumi, bagaimana gunung menjulang tinggi ataupun bagaimana laut tidak pernah surut, dan lain sebagainya. Oleh karena itu perhatikanlah setiap perubahan di bumi ini yang semakin lama semakin rusak. Hal ini jika mengacu kepada ayat tersebut dapat memberikan solusi jika hutan rusak, gundul, maka perhatikanlah dan renungkan kemudian pikirkan bagaimana bisa hutan menjadi gundul, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya, maka akan didapat jawaban yang benar atas contoh permasalahan tadi. Oleh karena itu, sangat sesuai sekali jika Al-Qur'an menganjurkan kita untuk memperhatian alam semesta ini.

Pada ayat 20. Dan kepada bumi, bagaimana dia telah dihamparkan.
Bumi ini dihamparkan dengan bermacam-macam bentuk relief yang membuat bumi ini indah. dan bagaimana itu semua dapat terjadi. Semua itu harus kita renungkan dan fikirkan, niscahya akan datang ilmu kepada kita yang dapat bermanfaat untuk kehidupan di bumi.

Nah ayat-ayat tersebutlah yang selalu mengingatkan saya untuk memperhatikan segala sesuatu, tidak mudah gumunan / heran / terkejut dengan kejadian-kejadian yang ada di sekitar. karena jika kita memperhatikan dan mengkajinya, tidak ada yang tidak masuk akal, karena semua berada pada hukum yang telah ditetapkan. dan mungkin ilmu pengetahuan kita yang belum sampai kepada tahap itu. Maka dari itu kita harus tetap berusaha dan tidak mudah berputus asa.

Itulah yang dapat saya terangkan tentang ayat yang menganjurkan untuk memperhatikan alam semesta, itu bukanlah tafsir, tetapi sesuatu yang telah saya dapat setelah belajar memperdalam maksud dari ayat-ayat tersebut. hanya buah pikiran untuk dapat dibagi kepada Anda semua. Terima Kasih.


EmoticonEmoticon